Kesehatan

Tips Agar Tidur Tepat Waktu

Perilaku sering tidur larut malam maupun begadang memiliki efek yang kurang bagus untuk kesehatan, sebab akan terjadi banyak hal negatif yang disebabkan oleh begadang. Untuk itu, saya akan berikan beberapa tips tepat dan akurat agar anda bisa tidur tepat waktu setiap hari dan bisa memperoleh kualitas tidur yang bagus karena saya pun tidak suka kalau harus tidur larut malam dan begadang.

Bagaimana Caranya?
Sebetulnya, perilaku begadang bersama teman, menyaksikan TV hingga malam hari sampai menonton film favorit yang ada dilaptop adalah contoh aktivitas yang dapat merusak jam tidur malam anda. Serta, hal ini juga tidak bagus ketika dikerjakann pada saat waktu istirahat serta lampu dimatikan. Mulai sekarang, berjanjilah kepada diri sendiri agar tidur tepat waktu serta mengaplikasikan tips berikut ini:

1. Waktu tidur

Pertama, harus diketahui dahulu bagaimana jam tidur anda. Dalam hal ini, anda perlu mengetahui jam berapa umumnya anda tidur malam. Bisa dicoba untuk tidur paling lambat jam 22.00. Pada jam tersebut, anda telah berada dalam posisi berbaring dikasur. Lalu, aplikasikan juga untuk tertidur setelat-telatnya 30 menit sesudah anda berbaring dikasur.

2. Matikan Gadget

Salah satu hal yang tidak mudah dilakukan oleh pecinta media sosial adalah mematikan gadget. Karena umumnya pada jam jam malam menjelang tidur mereka suka mengupdate kejadian yang baru saja terjadi. Pemakaian gadget dengan keadaan lampu dimatikan sangat tidak bagus untuk kesehatan mata serta fisik anda. Para ahli mengatakan bahwa pemakaian gadget dengan layar LED yang menghasilkan cahaya biru bisa menghalanngi produksi melatonin. Hormin ini diperlukan untu membuat anda mengantuk. Dengan terganggunya produksi hormon itu, maka nantinya jam tidur anda akan rusak.

3. Matikan Lampu

Ini juga menjadi salah satu penyebab agar anda bisa tidur tepat waktu setiap hari. Mematikan lampu kamar menjelang tidur dapat menjadikan suasana kamar tidur menjadi lebih nyaman serta tenang. Apabila anda tidur dengan posisi lampu menyala, bisa menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Para peneliti menyatakan efek tersebut beberapa diantaranya itu menambah resiko terserang kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme serta diabetes.

4. Pilih pakaian yang tepat

Baju yang dipakai saat menjelang tidur juga dapat mempengaruhi kecepatan serta kelelapan tidur anda. Carilah baju yang terbuat dari bahan katun serta nyaman untuk dipakai. Tidak disarankan tidur tanpa busana, selain karena tabu / dilarang orang tua, ditakutkan ketika tidur ada binatang kecil seperti semut / kelabang masuk ke dalam tubuh anda. Pastikan juga sebelum tidur anda harus membersihkan sprei tempat anda tidur.

5. Olahraga

Tips yanng satu ini cukup ampuh supaya anda bisa tidur tepat waktu setiap hari. Setiap hari terkecuali Minggu, selalu sempatkan untuk olahraga lari minimal 30 menit. Lakukan aktivitas ini pada pagi atau malam hari sesudah pulang kerja. Ada banyak manfaat berolahraga yang bisa anda dapatkan, salah satunya menjadikan tubuh cepat lelah sehingga anda mudah mengantuk pada malam hari.

6. Minum Madu

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu meminum madu menjelang tidur. Sudah banyak penelitian menyatakan bahwa madu bisa membuat kualitas tidur semakin meningkat. Hal ini dikarenakan madu mengandung zat zat tertentu yang bisa membuat tubuh semakin relaks. Carilah distributor madu hutan asli yang terpercaya.