Ketahui terlebih dahulu tips berjualan di Bukalapak agar cepat laku
Bisnis

Strategi Cerdas Jualan di Bukalapak Agar Laris Manis

Strategi Cerdas Jualan di Bukalapak Agar Laris Manis – Bukalapak menjadi salah satu marketplace di Indonesia yang kehadirannya sudah membawa dampak yang luar biasa untuk orang-orang yang ingin memiliki toko tapi tidak perlu membayar uang sewa. Anda yang ingin jualan di Bukalapak tidak akan dikenakan biaya apapun, kecuali jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap.

Tidak sedikit pelaku usaha yang menggunakan Bukalapak sebagai tempat berjualannya
Tidak sedikit pelaku usaha yang menggunakan Bukalapak sebagai tempat berjualannya

Tapi, jangan sembarang jual saja karena perlu dipertimbangkan dengan baik agar produk Anda laris manis. Berikut tips-tips cerdas yang perlu Anda lakukan saat memiliki lapak di Bukalapak.

Gunakan foto yang menarik dan unik

Bukalapak tidak hanya menyediakan lapaknya untuk Anda saja, melainkan juga untuk pelaku-pelaku usaha lainnya yang ingin membuka bisnisnya tanpa menyewa toko. Semakin banyaknya, terkadang sebagai calon pembeli bingung toko mana yang ingin dipilih, apalagi tidak memiliki foto profil yang menarik.

Karena itulah, gunakan foto profil yang menarik. Tapi ingat, tidak hanya sembarang menarik saja, karena Anda perlu menunjukan foto yang menggambarkan ciri khas toko Anda. Tidak ada salahnya kalau Anda ingin memakai logo brand Anda. Dengan begitu, orang bisa tahu kalau foto itu adalah toko Anda. Jangan lupa juga gunakan foto yang mudah diingat.

Perbanjak jumlah produk

Kalau anda ingin memiliki banyak orderan setiap hari di toko anda maka anda harus upload bnayak produk. Karena semakin banyak produk yang kita jual maka akan semakin banyak lah potensi orang beli. Sebab kita tidak tau orang mau beli apa aja. Dengan menyediakan banyak produk maka otomatis kita bisa melayani apa yang mereka inginkan.

Kalau anda kesulitan untuk upload ke bukalapak, anda bisa gunakan tools  scrape bukalapak agar proses upload produk anda lebih cepat. Ini lah cara yang lebih efesien dan cepat untuk jual banyak produk di bukalapak.

Selalu buka akun lapak Anda

Kalau Anda pernah atau sering berbelanja di Bukalapak, pasti Anda akan melihat keaktifan toko terakhir miliki penjualnya, bukan? Keaktifan toko tersebut sering menjadi bahan pertimbangan apakah calon pembeli ingin membelinya atau tidak. Jika keaktifan terakhirnya adalah 4 bulan yang lalu, tentu mereka akan ragu untuk membeli barangnya di toko tersebut.

Ketahui terlebih dahulu tips berjualan di Bukalapak agar cepat laku
Ketahui terlebih dahulu tips berjualan di Bukalapak agar cepat laku

Maka dari itulah, selalu buka akun lapak Anda meskipun tidak notifikasi penjualan sekali pun. Dengan membuka akun Anda, status keaktifan Anda akan menyala dan pengunjung dapat melihat status Anda yang baru saja aktif. Dengan begitu, mereka bisa mempercayai lapak Anda karena masih menjadi toko aktif.

Berikan respon yang cepat

Jualan di Bukalapak tidak hanya memikirkan kualitas produknya saja, tapi juga kualitas layanan Anda terhadap calon pembeli. Salah satu layanan yang perlu Anda lakukan pada pengunjung lapak adalah memberikan respon yang cepat. Tidak jarang pengunjung akan bertanya terlebih dahulu ketersediaan stok atau kejelasan spesifikasi barangnya pada penjualnya.

Saat pertanyaan pengunjung masuk ke notifikasi Anda, langsung buka akun Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Calon pembeli yang diberikan respon yang cepat tentu membuatnya berbelanja dengan nyaman dan aman. Rating respon Anda pun juga akan diberikan nilai tinggi. Semakin tinggi nilai rating respon Anda, maka akan semakin banyak calon pembeli yang datang ke toko Anda.

Berikan deskripsi produk yang jelas

Untuk memasarkan barang Anda di Bukalapak, jangan lupa berikan deskripsi yang jelas tentang produk yang Anda jual. Deskripsi adalah kunci utama pengunjung benar-benar ingin membeli barang Anda atau tidak. Cantumkan semua spesifikasi yang dimiliki barang Anda, seperti fiturnya, ketersediaan warna, ukuran barang, keunggulannya, dan sebagainya.

Yang paling penting, hindari memakai kata-kata no retur, no cancel, dan no complain. Ketiga kata perlu Anda hindari karena calon pembeli juga memiliki hak untuk memberikan komplain saat barangnya tidak sesuai, berhak untuk membatalkan pesanan, dan berhak mengembalikan barangnya jika memang ada rusak atau salah.

Jualan di Bukalapak Anda pasti akan sukses jika Anda menerapkan strategi di atas. Awalnya memang akan menyulitkan Anda karena belum ada pembeli. Tapi kalau Anda memasarkannya dengan baik, maka seiring berjalannya waktu pasti akan semakin ramai.