Ekonomi

Cara Jitu Menghemat Uang Bulanan

Sangatlah disarankan untuk kita semua melakukan hemat uang selama sebulan. Jika perlu kita pergunakan uang tersebut dengan sebutuhnya saja tidak perlu membuang-buang uang dengan membeli barang yang tidaklah sangat perlu bagi keseharian.

Mengelola uang dengan cara sederhana

Cara jitu menghemat uang ini patut kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yuk simak tips-tips berikut ini :

  1. Membuat anggaran dan budget belanja

 

Tips pertama direkomendasikan untuk membuat anggaran dan budget belanja. Mungkin ada sebagian orang yang melakukan dengan mengelola uang memasukan pada amplop yang amplop tersebut telah di isi uang budget berbelanja selama 1 hari. Dari uang penghasilan kita selama 1 bulan, ada baiknya kita mencoba dengan menggunakan mengelola keuangan amplop yang telah di pisah-pisah. Kita sisihkan sebagian uang tersebut dengan katalog promo jsm terbaru memasukannya pada amplop yang misalkan tanggal 2 harus membayar listrik, internet, uang belanja atau lainnya. Dengan begitu kita dapat menghemat uang dengan cara tersebut, maka dari itu kita tidak perlu khawatir jika di tanggal tua akan krisis keuangan.

  1. Menyimpan uang di Bank

Mungkin diera Milenial ini kita sudah tidak asing dengan per-Bankan ini, bahkan rata-rata perusahaan membayar gaji karyawannya lewat sistem transfer Bank.  dengan cara gajian sistem transfer Bank, ini lebih banyak orang melakukannya dengan cara menyimpan uang di bank, karena menerapkan prinsip “uang cash selalu cepat habis dibandingkan dengan uang yang tersimpan di Bank”.

  1. Mencatat pengeluaran

Lalu dengan cara mencatat pembelian atau rencana belanja, karena selain membuat anggaran juga perlu membuat catatan pengeluaran harian. Yang hasilnya akan mengontrol pengeluaran kita, jika perlu melakukan pengecekan pengeluaran yang dapat dihemat. Lalu dengan menabungkan uang dari sisa bulanan tersebut tentulah sangat bermanfaat dikarena kita dapat mengumpulkan yang perlahan-lahan akan menjadi jumlah yang cukup besar.

  1. Berinvestasi

Setelah uang terkumpul cukup banyak dari hasil yang di tabungkan, kita dapat menjadikan uang tersebut sebagai modal untuk kedepannya. Seperti berjualan ataupun menginvestasikanya, dengan itu bulanan kita akan menjadi bertambah.

  1. Membeli harga promo

Sangatlah disarankan untuk tidak menggunakan uang dengan sembarang, pergunakanlah uang dengan sebenar-benarnya yang dapat bermanfaat bagi kita. Jika kita khawatir akan uang belanja maka kita dapat mencari diskonan atau promo harga, memang dengan cara ini sangatlah berlebihan akan tetapi dengan menggunakan cara ini dapat menghemat uang belanja anda. Di zaman yang serba modern ini kita tidak perlu khawatir lagi ataupun susah-susah mencari diskonan yang manual. Dengan adanya internet kita dapat membuka website lalu mencari katalog promosi di website swalayan tersebut. Lalu membandingkan harga dengan supermarket misalnya supermarket si A dan harga bahan pangannya lebih murah dibandingkan dengan supermarket si B. Dengan ini kita dapat mempergunakan uang bulanan kita sebaik-baiknya yang tidak perlu khawatir jika kita akan mengalami krisis kebutuhan di akhir bulan nanti, karena uang yang telah habis

  1. Mengutamakan kebutuhan dari keinginan

Akan lebih baik jika ingin membeli daging saat harga daging sedang melonjak, bisa diganti dengan membeli produk makanan berprotein seperti telur atau tahu dan tempe, sampai harga daging bisa kembali stabil dengan dompet kita.

Cara-cara tersebut tentunya hanya sebagian cara tips menghemat uang, mungkin sebagian orang disana memiliki cara lain untuk menghemat uangnya sendiri. Akan ada baiknya kita lebih menghemat uang dengan anggaran atau catatan yang sudah ada, dan jika perlu mempergunakan uang dengan kebutuhannya saja.

You Might Also Like...