Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Di Indonesia, hampir semua orang menyukai minuman teh. Minuman pelepas dahaga yang satu ini memang memiliki beragam manfaat bagi tubuh lantaran mengandung antioksidan tinggi.

Antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai penangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara, obat-obatan, asap rokok, radiasi ultraviolet, pestisida, dan lain-lain. Dengan adanya bantuan antioksidan akan mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Ragam Jenis Teh Yang Ada di Indonesia

Meski demikian setiap jenis teh memiliki khasiat yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis teh beserta khasiatnya dalam menjaga kebugaran seperti dilansir fitnea.

Teh Hitam

Teh hitam Memiliki rasa lebih kuat dan lebih tradisional. Teh yang satu ini mengandung cukup fluoride untuk dapat melawan gigi berlubang.

Mengkonsumsi tiga cangkir teh hitam sudah terbukti sebagai cara mencegah kanker saluran kemih. Sedangkan lima cangkir teh hitam sehari dapat memberikan perlawanan terhadap infeksi bakteri.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hitam secara signifikan mengurangi stroke, serangan jantung dan kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Teh hitam juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, juga membantu mencegah penyumbatan.

Teh Hijau

Teh hijau Rasanya tidak sekuat jika di bandingkan dengan teh hitam. Akan tetapi, teh hijau ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Kadar kafein dan catechin teh hijau dalam tiga cangkir teh, meningkatkan metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan non peminum teh.

Bahan kimia dalam teh hijau telah terbukti untuk menangkap dan menghancurkan sel-sel kanker. Wanita yang minum lebih dari 10 cangkir sehari memiliki penurunan 45 persen risiko kanker.

Selain itu, minum teh hijau juga dapat memperlambat perkembangan kanker payudara dan melindungi perokok dari kanker paru-paru. Bahkan dapat bermanfaat sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah buat kamu yang punya masalah flek ini.

Teh Putih

Teh putih Saat diminum, rasanya halus dan ringan. Masih jarang orang yang mengkonsumsi teh putih. Walaupun begitu, jenis teh satu ini juga mampu menyehatkan tubuh.

Penelitian menyebutkan teh putih mampu menghancurkan lebih dari 75 persen virus dalam waktu sepuluh menit. Teh putih merupakan kryptonite bagi bakteri dan juga virus.

Teh putih mempunyai antioksidan yang paling tinggi sehingga paling kuat dalam pencegahan kanker dan terbaik dalam penghambatan tahap awal mutasi sel kanker.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *